Tema utama kegiatan simposium perhimpunan pelajar indonesia se-dunia di Amerika dan Eropa adalah pembangunan ekosistem startup di Indonesia dengan mengangkat judul besar yaitu :

ÔÇťAchieving the Sustainable Development Goals: Contriving The Blueprint to Face Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0″

Judul ini adalah upaya pelajar Indonesia di kawasan Amerika dan Eropa dalam mengkaji hal-hal penting yang akan terdampak dan yang perlu pemerintah persiapkan setelah pemerintah menargetkan 44 startup unicorn, pemerintah masih terus menjalankan program 1.000 startup digital yang diproyeksikan tercapai pada 2020 mendatang. Jumlah bisnis rintisan berbasis teknologi (start-up) di Indonesia diproyeksikan tumbuh 6,5 kali lipat (CHGR, 2019) menjadi sekitar 13.000 pada 2020. Sementara itu, pada 2016, Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah start-up tertinggi di Asia Tenggara, yakni 2.000-an.

Atas dasar motivasi tersebut, PPI se-Dunia kawasan Amerika Eropa menyiapkan 5 tim kajian yang beririsan dengan judul tersebut. Tim kajian ini selanjutnya akan diisi oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang memiliki latar belakang yang cocok dengan poin pembahasan di setiap tim kajian. Berikut ini adalah daftar pembahasan yang akan dikerjakan tim-tim kajian menuju Simposium Amerika Eropa (SAE).

  1. Tim Kajian Digitalization and its impact on the national economy.
  2. Tim Kajian Digitalization of agriculture, marine and animal husbandry.
  3. Tim Kajian Academic impacts of digital education.
  4. Tim Kajian Impact of digitalization on art and culture.
  5. Tim Kajian Application of digital technology in the public sector.

Dari kelima kajian tersebut, diharapkan SAE yang akan dilangsungkan di Istanbul, Turki mampu menghasilkan kajian yang bersifat komprehensif sehingga hasilnya dapat dijadikan masukan dan pertimbangan kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan perkembangan bisnis kreatif dan dalam waktu yang bersamaan pula kita dapat mempertahankan keberlanjutan bisnis yang telah ada dalam perindustrian nasional.